Peluncuran Buku Antologi Dongeng Binatang Asia: Hiss… Roar! Squeak!



Untuk ketiga kalinya, Federasi Pendongeng Asia atau FEAST (Federation of Asian Storytellers) menerbitkan buku antologi dongeng yang ditulis oleh pendongeng anggotanya. Sejak 2018, sejak pertama didirikan di Singapura, FEAST rutin menerbitkan buku dalam setiap penyelenggaraan konferensi pendongeng Asia yang menjadi agenda tahunan.

Konferensi pertama, sekaligus peresmian pendirian federasi di Singapura, yaitu tahun 2018. FEAST menerbitkan secara mandiri buku antologi dongengnya yang pertama, judulnya adalah Feast. Kemudian di tahun kedua, 2019 di Bangalore India, Royal adalah judul buku antologi cerita yang kedua yang diterbitkan mandiri oleh federasi ini. Namun pada tahun ketiga ini, menjadi sesuatu yang istimewa.

Tahun 2020, seharusnya diadakan konferensi pendongeng Asia di Indonesia, dengan Ayo Dongeng Indonesia menjadi tuan rumahnya. Akan tetapi, dikarenakan pandemic, konferensi ditiadakan. Namun, proyek penerbitan buku antologi dongeng ini tetap dikerjakan. Buku yang ditulis oleh para pendongeng dari Asia, yang merupakan anggota dari FEAST ini, khusus tahun ini diambil alih pengerjaannya oleh Ayo Dongeng Indonesia. Tanggung jawab untuk penyusunan, hingga penerbitan, yang sebelumnya mandiri dikerjakan oleh federasi, diambil alih oleh Ayo Dongeng Indonesia. Ayo Dongeng Indonesia juga kemudian berkolaborasi dengan relasi terbaik yang dimiliki untuk mengerjakan buku ini. Ayo Dongeng Indonesia mengajak Evelyn “EORG” untuk membantu disain buku, dan berkolaborasi juga dengan KIBA ITB dan Noura Books.

Sehingga untuk pertama kalinya bagi FEAST, buku antologi dongeng yang diterbitkan tahunan ini, akan menjadi satu buku yang istimewa dengan ilustrasi dan disain yang indah dari ilustrator-ilustrator muda Indonesia. Untuk pertama kalinya bagi FEAST, buku antologi dongengnya akan diterbitkan oleh penerbit terkenal, tidak lagi secara mandiri. Buku antologi dongeng binatang Asia yang berjudul “Hiss… Roar! Squeak!” ini sudah diperkenalkan pada 28 November 2020 di acara Festival Dongeng Internasional Indonesia, namun akan diluncurkan secara global pada 18 Desember 2020.

Hiss… Roar! Squeak! ini akan menghadirkan 17 dongeng binatang asia dari penulis yang juga pendongeng di Asia. Dongeng-dongeng unik yang penulisannya disajikan dengan gaya bercerita masing-masing pendongeng tersebut. Setiap dongengnya akan dilengkapi dengan ilustrasi dari 16 ilustrator muda Indonesia dari KIBA ITB. Ilustrasi yang disajikan dari hasil penelitian singkat, dan juga berdasarkan masukan para pendongeng, hingga menghadirkan ilustrasi yang kuat sesuai dengan cerita dan latar belakang budaya cerita tersebut.

Buku antologi dongeng ini akan diterbitkan oleh Noura Books dalam bentuk E-Book (Buku Digital) yang akan tersedia di Google Play. Namun juga nanti bisa dinikmati secara tercetak dengan membelinya secara Print On Demand, juga dari Noura Books.

 

FEAST

FEAST, Federation of Asian Storytellers atau Federasi Pendongeng Asia, didirikan oleh beberapa pendongeng Asia yang sudah cukup lama malang melintang di berbagai festival dongeng internasional. Dimulai dengan ide, hingga membesar dalam rapat-rapat di Thailand pada 2017, federasi ini akhirnya diresmikan dan berbadan hukum di Singapura pada tahun 2018. Tujuan dari pendirian federasi ini adalah untuk mengangkat tradisi penuturan cerita dan mempromosikan tradisi tersebut serta cerita-cerita Asia ke Asia itu sendiri dan hingga ke seluruh dunia. Selain itu, federasi ini juga ingin menjadi ruang berinteraksi, diskusi, dan belajar bagi para pendongeng di Asia khususnya. Beberapa pendirinya adalah Roger Jenkins dan Sheila Wee dari Singapura, Jeeva Raghunath dari India, dan Ariyo Zidni dari Indonesia.

 

Ayo Dongeng Indonesia

Biasa dikenal juga dengan nama AyoDI, Ayo Dongeng Indonesia adalah komunitas dongeng yang senang disebut sebagai pelestari dongeng. Didirikan tahun 2011, komunitas ini sudah banyak menularkan gerakan mendongeng ke berbagai kota di Indonesia. Sejak 2013, akhirnya Ayo Dongeng Indonesia memberanikan diri mengadakan Festival Dongeng Indonesia, yang kemudian menjadi ajang tahunan terbesar tentang dongeng di Indonesia yang bernama Festival Dongeng Internasional Indonesia. Festival yang menjadi acara tahunan yang selalu dinantikan banyak keluarga di Indonesia.

 

KIBA ITB

Kelas Ilustrasi Buku Anak ITB adalah nama mata kuliah pertama di Indonesia yang secara khusus mengajarkan materi ilustrasi dan desain untuk buku anak. Diinsiasi oleh Riama Maslan Sihombing pada tahun 2009 untuk mewadahi mulai banyaknya mahasiswa yang memilih buku anak sebagai topik tugas akhirnya. Selain mempersiapkan mahasiswanya menjadi ilustrator dan desainer buku anak, pada tahun 2020 Kiba berkembang menjadi Lab untuk menjadi pusat kajian media visual untuk anak.